Tagihan
1
SILABUS
(TAGIHAN
INDIVIDUAL WAJIB)
PENJELASAN
1.
Silabus
merupakan tugas individual wajib, artinya semua guru yang mengikuti kegiatan di
KKG/MGMP harus membuatnya sesuai dengan mata pelajaran yang diampunya.
2.
Silabus
yang dilaporkan adalah yang anda buat dan digunakan di sekolah.
3.
Silabus
yang harus dilaporkan adalah untuk standar kompetensi dan kompetensi dasar
dengan ketentuan:
a.
Untuk
Guru Kelas:
1)
Satu
tahun ajaran
2)
Salah
satu kelas yang menjadi tugas mengajarnya
3)
Salah
satu tingkat dari sejumlah tingkat yang menjadi tanggungjawabnya.
b.
Untuk
Guru Bidang Studi:
1)
Satu
tahun ajaran
2)
Salah
satu kelas yang menjadi tugas mengajarnya
3)
Salah
satu tingkat yang menjadi tugas mengajarnya
4)
Salah
satu mata pelajaran yang diajarkannya
Silabus
yang dilaporkan disusun menggunakan format yang diterbitkan oleh Badan Standar
Nasional Pendidikan (BSNP) atau yang ditetapkan oleh Dinas Pendidikan di
Kabupaten/Kota anda.
Tagihan
2
RPP
: Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(TAGIHAN WAJIB INDIVIDUAL)
PENJELASAN
4.
RPP
merupakan tugas individual wajib, artinya semua guru yang mengikuti kegiatan di
KKG/MGMP harus membuatnya sesuai dengan mata pelajaran yang diampunya.
5.
RPP
(Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) yang harus dilaporkan adalah:
c.
Untuk
Guru Kelas:
4)
Satu
tahun ajaran
5)
Salah
satu kelas yang menjadi tugas mengajarnya
6)
Salah
satu tingkat dari sejumlah tingkat yang menjadi tanggungjawabnya.
d.
Untuk
Guru Bidang Studi:
5)
Satu
tahun ajaran
6)
Salah
satu kelas yang menjadi tugas mengajarnya
7)
Salah
satu tingkat yang menjadi tugas mengajarnya
8)
Salah
satu mata pelajaran yang diajarkannya
6.
RPP disusun menggunakan format yang diterbitkan
oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) atau yang ditetapkan oleh Dinas
Pendidikan di Kabupaten/Kota anda.
Tagihan
3
JURNAL
BELAJAR
(TAGIHAN WAJIB INDIVIDUAL)
PENJELASAN
1.
Jurnal
Belajar merupakan tugas individual wajib, artinya semua guru yang mengikuti
kegiatan di KKG/MGMP harus membuatnya sesuai dengan mata pelajaran yang
diampunya.
2.
Jurnal
belajar berisi catatan tentang berbagai kegiatan belajar di kelompok kerja yang
dilakukan oleh setiap guru anggotanya.
3.
Jurnal Belajar yang harus dibuat oleh
masing-masing anggota Pokja minimal 17 (tujuh belas), satu untuk in service dan 16 (enam belas) untuk on service.
4.
Jurnal
belajar yang dilaporkan disusun menggunakan format yang diterbitkan oleh
Pengelola Program BERMUTU sebagaimana dapat dilihat dalam halaman berikut:
Tagihan
4
KARYA
TULIS ILMIAH
(TAGIHAN
PILIHAN INDIVIDUAL)
PENJELASAN
A.
PILIHAN KTI
1. Karya Tulis Ilmiah merupakan tugas pilihan,
oleh sebab itu peserta tidak harus
membuat PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dan atau Kajian Kritis, kecuali bagi mereka
yang membutuhkan untuk kenaikan pangkat.
2.
Bagi
yang tidak membutuhkan PTK dapat memilih
salah satu dari KTI berikut ini:
a. Makalah
b.
Artikel
c.
Kajian
Kritis
d.
Laporan
Best Practices
e.
Hasil
Terjemahan Bahan Ajar Dll
f.
Penulisan
Buku
g.
Diktat
h.
Job
Sheet
i.
Handout
B.
FORMAT
1. Peserta dapat menggunakan format yang
selama ini telah ada.
2. Khusus untuk Kajian Kritis format terlampir dapat digunakan.
FORMAT LAPORAN KAJIAN KRITIS
A.
BAHAN KAJIAN
KRITIS (Pilih salah satu dari materi berikut ini)
Materi Yang diajarkan/Bahan Ajar
Metoda Pembelajaran
Kurikulum/Silabus
Media Pembelajaran
Rujukan
PTK
Lain-lain (tuliskan):
...............................
B.
MATERI KAJIAN
Judul :...........................................................................................
Sumber : ...........................................................................................
Penulis/Pembuat :
...........................................................................................
TahunTerbit/Pembuatan : ...........................................................................................
C.
ASPEK YANG DIKAJI SECARA KRITIS (boleh lebih dari satu):
Keterbacaan (Sistematika, bahasa)
Relevansi dengan pendidikan
(tuliskan: ............................................ )
Manfaat bagi siswa
Manfaat bagi guru
Tingkat Ilmiah
Tingkat kesulitan bagi siswa
Kedalaman pembahasan
Keluasan cakupan
Ilustrasi dan tata letak
Tidak ada komentar:
Posting Komentar